Tips mahir dan belajar ngaji lansia

Belajar mengaji bukanlah hal yang wajib bagi anak-anak saja, perlu anda ketahui bahwa belajar ngaji juga penting bagi kelompok lansia. Bahkan tidak heran jika saat ini banyak pelayanan jasa belajar ngaji lansia

Mungkin bagi sebagian orang merasa masih asing dengan adanya les mengaji untuk lansia, yang mana jika biasanya mengaji hanya dijumpai pada anak-anak saja. Meskipun begitu, anda perlu memberikan apresiasi kepada para lansia yang memiliki tekad untuk belajar mengaji di usia tak lagi muda.

Fakta tentang ngaji lansia

Bagi sebagian lansia mungkin merasa malu ketika harus mengikuti les mengaji, namun sebagian lainya justru ada yang memiliki tekad untuk terus belajar mengaji. Mengingat bahwa dalam agama islam memiliki pedoman yakni alquran dan ash-shunnah yang berbahasa arab.

Sehingga penting bagi anda baik semua usia mulia dari anak-anak hingga tua nanti, harus bisa mengaji dengan baik dan benar. Sangat disayangkan jika anda seorang muslim dan muslimah tidak pernah mengaji seumur hidupnya.

Tips mahir ngaji lansia

Bagi anda yang bingung bagaimana agar dapat belajar ngaji, tidak perlu khawatir karena solusinya sangat mudah. Anda dapat mengikuti les privat mengaji, dengan fasilitas guru ngaji datang ke rumah. Pentingnya mengikuti les mengaji adalah anda akan dibimbing diajari oleh guru yang ahli, sehingga anda dapat mengaji dengan baik dan benar.

Selain bantuan dari guru mengaji, berikut tips jitu yang dapat anda lakukan agar dapat mengaji:

  1. Sering mendengarkan bacaan alquran

Metode melalui pendengaran adalah metode yang jitu dan banyak dilakukan oleh masyarakat muslim untuk memahami al quran. Bagi anda lansia dapat mendengarkan bacaan setiap hari agar terbiasa.

  1. Mengulang-ulang kembali

Jika anda mendengarkan bacaan saja merasa bosan, anda dapat meminta kerabat di rumah untuk menyimak bacaan anda. Jika anda mengikuti les privat mengaji, baiknya setelah selesai les privat anda harus tetap belajar dengan cara mengulang-ulang kembali materi yang sudah diajarkan guru ngaji sebelumnya

Berdasarkan dua metode di atas, anda dapat lebih mudah untuk mengaji dan mempelajari alquran. Kedua metode tersebut bukanlah untuk belajar ngaji lansia saja, tetapi juga dapat anda gunakan untuk menghafal ayat suci alquran. Dengan bantuan indera visual dan pendengaran, otak lebih banyak menerima sinyal positif.

Demikian tadi penjelasan mengenai fakta dari guru ngaji lansia yang merasa masih malu untuk belajar mengaji di usia senja mereka. Dengan anda lebih sering mendengarkan dan mengucapkan kalimat alquran, maka secara otomatis otak akan menerima rangsangan dengan baik dan akan terikat pada memori. Oleh karena itu, jangan malu untuk belajar mengaji, karena itu adalah suatu kewajiban yang harus anda lakukan

Last modified on Tuesday, 05 September 2023 02:16

Go to top