Published in: Berita

BANDUNG, PRIBA-Unikom yang merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Bandung kembali mendapatkan penghargaan internasional. Setelah terkenal beberapa kali menjuarai kompetisi robot internasional kini Unikom kembali mendapatkan penghargaan internasional di bidang ICT yakni dengan teknologi Sellution.

Published in: Berita

Beberapa minggu terakhir udara di wilayah Bandung terasa sangat panas. Ada dua faktor penyebab suhu udara meningkat di Bandung ini yaitu faktor puncak musim kemarau dan fenomena equinox.

Published in: Berita

Les privat pelajaran sekolah ditujukan untuk siswa-siswi sekolah (SD, SMP, SMA) maupun alumni yang ingin mempelajari kembali pelajaran-pelajaran yang diajarkan di sekolah. Pada umumnya les privat pelajaran sekolah ini memiliki dua tujuan yang berbeda, yaitu:

Pertama, meningkatkan prestasi di sekolah, yaitu meningkatkan nilai-nilai di sekolah seperti nilai tugas, ulangan harian, UAS, UTS, hingga akhirnya meningkatkan nilai rapot siswa. Sedangkan yang ke dua yaitu melolokan ujian ujian dengan hasil memuaskan. Tujuan ini berlaku untuk program-program les persiapan ujian seperti UN, ujian-ujian masuk ke perguruan tinggi, ujian-ujian untuk magang atau bekerja, dsb. Tentunya yang berhubungan dengan pelajaran-pelajaran di sekolah.

Published in: Berita

Sebelum membahas mengenai peran guru dalam proses pembelajaran, kita akan membahas pengertian dari guru itu sendiri. Menurut Hadari Nawawi, guru diartikan kedalam dua sisi. Yaitu pengertian guru secara sempit ialah ia yang berkewajiban mewujudkan program kelas (kurikulum), yakni orang yang kerjaannya mengajar dan memberikan pelajaran didalam kelas. Sedangkan pengertian guru secara luas ialah orang yang bekerja dalam bidang pendidikan dan pengajaran yang ikut bertanggung jawab dalam membantu anak-anak dalam mencapai kedewasaannya masing-masing.

Published in: Berita

Sebelumnya telah sedikit dibahas mengenai pengertian kurikulum, di artikel ini kita akan membahas komponen kurikulum. Apa saja sih yang ada dalam kurikulum ini?

Komponen kurikulum setidaknya mencakup aspek sebagai berikut:

a. Komponen Tujuan
Tentu saja tujuan belajar ini menjadi komponen pertama dalam kurikulum. Kita harus punya alasan, untuk apa kita belajar. Sebagai contoh nya di PRIVAT BANDUNG: program les privat pelajaran sekolah memiliki tujuan belajar untuk meningkatkan pelajaran di sekolah seperti meningkatkan nilai tugas, ulangan harian, UTS, UAS, hingga akhirnya meningkatkan nilai raport. Berbeda program les nya berbeda juga tujuan belajarnya.

Published in: Berita

Sering kita mendengar kata 'kurikulum' ini terutama dalam dunia pendidikan seperti di sekolah. Namun sebetulnya apa sih yang dimaksud dengan kurikulum?

Menurut asal kata, kurikulum berasal dari bahasa Yunani yakni "curir" yakni seorang pelari dan "curere" yang memiliki makna lintasan tepat serang pelari berlari. Berdasarkan asal kata, kurikum dapat diartikan sebagai jarak lintasan yang harus ditempuh oleh seorang pelari untuk mendapatkan medali. Untuk mendapatkan tujuan belajar, kurikulum tentu suatu hal yang dirancang untuk dilaskanakan hingga selesai dan tidak terhenti di tengah perjalanan.

Published in: Berita

Setelah liburan yang cukup lama, saat nya kita kembali ke sekolah. Kembali lagi beraktifitas seperti biasa kembali yaitu belajar. Siap-siap menerima materi dari guru, membaca buku, mengerjakan tugas, ujian, dan kegiatan belajar lainnya.

Ada kalanya setelah libur sebagian dari kita malas untuk belajar kembali. Coba untuk mencari motivasi agar semangat belajar. Karena belajar di sekolah saat ini sangat penting untuk menentukan kesuksesan di masa yang akan datang. Salah satu caranya adalah dengan cara tidur tepat waktu, bangun pagi, mulai dengan mempersiapkan peralatan belajar, kemudian biasakan belajar dengan teman.

Published in: Berita

Guru merupakan elemen terpenting dalam sebuah system pendidikan. Ia merupakan ujung tombak pendidikan. Proses belajar siswa sangat dipengaruhi oleh bagaimana siswa memandang guru mereka. Kepribadian guru seperti memberikan perhatian, hangat, suportif (memberi semangat), diyakini bisa member motivasi yang pada gilirannya meningkatkan prestasi belajar siswa. Empati yang tepat seorang guru kepada siswanya membantu perkembangan prestasi akademik mereka secara signifikan.

Published in: Berita

Seperti yang kita ketahui banyak sekali keterampilan (skill) yang harus kita miliki untuk di kehidupan yang akan datang yang tidak dipelajari di sekolah. Seperti belajar bahasa inggris yang diulas sedikit saja di sekolah, namun sebetulnya sangat penting sekali di kuasai di masa yang akan datang seperti di dunia kerja.

Published in: Berita

1. Renang Dapat Menjadi Alternatif Rekreasi dan Meningkatkan Mood

  •  Start 
  •  Prev 
  •  1  2  3 
  •  Next 
  •  End 
Page 1 of 3
Go to top