Lima tips belajar efektif

Berikut adalah lima tips belajar yang efektif dari Privat Bandung:

1. Tetapkan tujuan belajar
Target dan tujuan belajar yang jelas hendaklah ditentukan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar meningkatnya motivasi dalam belajar. Contoh tujuan belajar ini misalkan untuk menghadapi ujian dan mengharapkan nilai yang bagus. Sehingga dengan adanya tujuan ini, kita dapat termotivasi.

 2. Atur jadwal belajar

Jadwal belajar juga sangan menentukan keberhasilan kita dalam belajar. Sistem kebut semalam tidak akan menjadi solusi belajar yang efektif. Aturlah jadwal dimana di waktu tersebut teman-teman bisa mendapatkan suasana yang nyaman sehingga mendapatkan fokus. Setiap orang tentunya akan berbeda-beda. Misalnya jam 19.00 hingga 21.00 diselingi dengan istirahat, ada juga yang sore hari dan pagi hari.

3. Tidak hanya hafalan
Menghafal dan memahami merupakan sesuatu yang berbeda. Menghafalkan pelajaran hanya akan efektif untuk ujian atau waktu jangka pendek. Sehingga dalam waktu jangka panjang pelajaran bisa lupa, solusinya adalah dengan memahaminya.

4. Atur pola makan dan tidur
Hal ini mungkin dilupakan oleh sebagian orang. Untuk hasil belajar yang efektif tentunya membutuhkan fokus, apa jadinya ketika belajar kita malah mengantuk atau perut kita keroncongan. Makan dan minum berlebihan juga akan membuat mata mengantuk. Cukup beristirahat cukup makan dan minum dan tentunya tidak berlebihan adalah kunci untuk mencapai fokus.

5. Bertanya dan berdiskusi
Sering kali kita dalam belajar menemui kebuntuan atau tidak mengerti dan memahami suatu materi dalam belajar. Maka waktunya untuk meminta bantuan kepada orang lain, dengan bertanya dan berdiskusi teman-teman akan memperoleh lebih banyak hal yang mungkin saja tidak bisa kamu dapatkan ketika belajar sendiri. Jika membutuhkan guru les privat, Privat Bandung menyediakan guru les privat terbaik buat teman-teman.

Last modified on Sunday, 12 February 2023 00:30

Go to top