Print this page

Tips Memilih Jurusan Kuliah

MEMILIH jurusan kuliah, itu lah kegalauan selanjutnya yang dirasakan siswa-siswi SMA/SMK sederajat di Indonesia setelah melaksanakan Ujian Nasional (UN). Tak sedikit siswa-siswi yang memilih jurusan kuliah atas dasar ikut-ikutan teman yang sudah kuliah atau teman sekolah, dan ada juga karena dorongan atau paksaan orangtua.

 

Yang perlu teman-teman ketahui, jika memilih jurusan kuliah tidak sesuai dengan kepribadian, bakat, minat serta potensi diri kita sendiri akan menimbulkan beberapa masalah dalam proses belajar nantinya. Salah memilih jurusan kuliah punya dampak yang signifikan terhadap kehidupan di masa mendatang. Oleh karena itu, pemilihan jurusan kuliah sedini mungkin harus mulai dipertimbangkan.

Nah, di artikel ini saya akan berusaha share beberapa solusi bagi teman-teman yang masih bingung untuk memilih jurusan kuliah. Solusi pertama, melalui kepribadian, kita bisa menentukan jurusan apa yang tepat untuk kita pilih, berikut ini beberapa ilustrasinya.

Teman-teman suka banget ngobrol dan berkenalan dengan orang baru. Maka dari itu, teman-teman tidak pernah kesulitan untuk berinteraksi dengan siapa pun. Ibaratnya, ditinggalkan sendirian di mana pun, teman-teman tidak akan pernah merasa kesepian. Soalnya, sangat mudah bagi teman-teman untuk mendapatkan teman baru. Jadi, jurusan yang bisa teman-teman pilih seperti Public Relations, Psikologi, Pendidikan, Jurnalistik, dan Sastra.

Jika teman-teman mempunyai kepribadian seperti ini, bebas dan selalu ingin tampil beda dari orang lain unik dan dicari sama banyak orang, meski tidak terlalu banyak omong. Pendapat teman-teman selalu didengarkan sama tema-teman yang lain.

Karena pendapatdan ide teman-teman brilliant. Nah teman-teman bisa memilih jurusan seperti Graphic Design, Advertising, Broadcasting dan Multimedia. Selalu berjalan di jalurnya, sangat teliti dan jarang meleset dalam melakukan sesuatu.

Mungkin teman-teman yang mempunyai kepribadian seperti ini bisa memilih jurusan Kedokteran, Teknik, Hukum dan MIPA. Itu lah beberapa solusi untuk teman-teman memilih jurusan melalui kepribadian yang teman-teman punya.

Solusi lainnya yaitu melalui bakat. Mengapa harus memilih sesuai dengan bakat Karena bakat akan bisa menjamin kemampuan teman-teman yang tanpa batas, bisa belajar dengan semangat tinggi dan menyenangi bidang tersebut sehingga mudah berprestasi.

Setelah mengenal apa bakat yang teman-teman miliki, temui dan kenali cita-cita serta minat teman-teman. Jika teman-teman sudah mengenali kepribadian, bakat, cita-cita serta minat di diri teman-teman, memilih jurusan kuliah bukan lah suatu masalah yang besar, intinya kenali diri teman-teman dengan begitu teman-teman mudah untuk menentukan apa yang harus teman-teman pilih.

Pilihan yang terbaik adalah pilihan yang bisa membuat diri kita bahagia untuk menjalankannya. Selamat bertemu di bangku kuliah

Verdian Andiansyah
Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika
STMIK AMIKOM Yogyakarta (//ade)


Sumber: http://kampus.okezone.com/read/2013/06/03/367/816603/kepribadian-bisa-tentukan-jurusan-kuliah

Last modified on Monday, 23 September 2013 12:20