Print this page

Komponen-Komponen Yang Terdapat Dalam Kurikulum

Sebelumnya telah sedikit dibahas mengenai pengertian kurikulum, di artikel ini kita akan membahas komponen kurikulum. Apa saja sih yang ada dalam kurikulum ini?

Komponen kurikulum setidaknya mencakup aspek sebagai berikut:

a. Komponen Tujuan
Tentu saja tujuan belajar ini menjadi komponen pertama dalam kurikulum. Kita harus punya alasan, untuk apa kita belajar. Sebagai contoh nya di PRIVAT BANDUNG: program les privat pelajaran sekolah memiliki tujuan belajar untuk meningkatkan pelajaran di sekolah seperti meningkatkan nilai tugas, ulangan harian, UTS, UAS, hingga akhirnya meningkatkan nilai raport. Berbeda program les nya berbeda juga tujuan belajarnya.

b. Komponen Isi (Bahan Pengajaran)
Kurikulum dalam komponen isi adalah suatu yang diberikan kepada anak didik untuk bahan belajar mengajar guna mencapai tujuan belajar tersebut. Kriteria komponen kurikulum adalah sebagai berikut:
- Sesuai, tepat, dan bermakna bagi perkembangan siswa
- Menunjang tercapainya tujuan pendidikan
- Mencerminkan kenyataan sosial
- Mengandung pengetahuan ilmiah yang tahan uji
Seperti di PRIVAT BANDUNG sendiri bahan pengajaran ini ada standar ketentuannya. Standar penggunaan bahan ajar ini sebelumnya di tentukan hari hasil pertimbangan dan analisa dari team untuk mencapai tujuan belajar secara efektif dan efisien. Secara detainya akan dibahas di bagian lain terpisah.

c. Komponen Strategi
Strategi dalam pembelajaran tergambar dari cara yang ditempuh dalam pembelajaran, mengadakan penilaian, pelaksanaan bimbingan dan mengatur kegiatan baik umum maupun yang sifatnya khusus.
Tentu saja komponen strategi ini tidak kalah penting dalam mencapai tujuan belajar. Bahkan dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di les privat yang diselenggarakan PRIVAT BANDUNG, strategi ini bersifat dinamis dan costumized. Karena kita tahu semua orang punya kebiasaan cara belajar berbeda-beda sehingga membutuhkan strategi yang berbeda. Kami juga menyediakan e-learning gratis bagi siswa kami untuk mendukung strategi ini.

d. Komponen Evaluasi
Komponen evaluasi dalam kurikulum adalah memeriksa tingkat ketercapaian tujuan suatu kurikulum. Setiap program les privat di PRIVAT BANDUNG memiliki cara evaluasi tersendiri. Ada yang diberikan midle test & final test. Ada juga evaluasinya dari data perkembangan nilai tugas dan nilai ujian di sekolah.

Semua kurikulum di PRIVAT BANDUNG ini sudah dirancang sedemikian rupa untuk setiap program nya oleh team yang berkompeten terdiri dari manajemen, guru senior, bahkan admin KBM. Kemudian dituangkan dalam dokumen resmi yang harus dijalankan dalam kegiatan belajar mengajar. Hal ini dilakukan agar menjaga kualitas layanan pendidikan yang kami selenggarakan.

Dari sini sudah sedikit tergambarkan bahwa PRIVAT BANDUNG adalah lembaga penyelenggara pendidikan, bukan sekedar 'calo guru'. Karena kami yakin jasa pendidikan memiliki aspek moral tertentu. Dan fokus kami di layanan pendidikan les privat merupakan komitmen kami memberikan layanan berkualitas bagi Anda.

Last modified on Sunday, 06 August 2017 16:11